Kamis, 06 Oktober 2016

Wisata Kerajinan Tangan Magelang


1. Batik

Hasil kerajinan tangan Batik memberikan pilihan motif yang unik dan segar dipandang. Batik merupakan kerajinan asli Indonesia yang banyak terdapat diberbagai wilayah Indonesia, yang terkenal daerahnya seperti Pekalongan, Solo, Yogyakarta, Madura, Tasikmalaya, Cirebon bahkan daerah di Sumatera dan Kalimantan juga banyak terdapat hasil kerajinan batik.

2. Wayang


Hasil kerajinan tangan Wayang banyak digemari oleh orang-orang diluar negeri. Bahkan saking terkenalnya hasil kerajinan tangan Wayang ini sudah diakui oleh UNESCO sebagai bagian budaya asli dari Indonesia.

3. Ukiran Kayu


Hasil kerajinan tangan Ukiran Kayu dengan bentuk, motif serta desain yang rumit namun menghasilkan keindahan inilah yang menjadikan ukiran kayu merupakan hasil kerajinan asli Indonesia yang banyak menjadi incaran konsumen dari Eropa dan Amerika. Kota yang terkenal dengan ukiran kayunya adalah Jepara, namun bukan berarti kota lainnya tidak ada penghasil kerajinan ukiran kayu, masih ada Garut, Yogyakarta dan lainnya.

4. Perak
                            


Kerajinan tangan perak pun telah menjadi salah satu kerajinan Indonesia yang banyak diminati di dunia. Salah satu penghasil kerajinan perak di kota Yogyakarta yaitu di Kotagede.

5. Kulit



Kerajinan tangan kulit dengan berbagai macam varian produknya, ikut meramaikan pasar dunia melalui Tas, Sepatu dan Sandal. Bahkan terdengar rumor bahwa tas terkenal dengan merk Luis Vuitton dibuatnya di Indonesia, rumornya pabrik ada di Jombang – Jawa Timur.

6. Tenun

Siapa tidak mengenal tenun? Terutama tenun songket Kerajinan khas wilayah Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara ini merupakan hasil kerajinan Tenun yang banyak digemari masyarakat dunia.

7. Batu


Di Magelang, terdapat banyak Pemahat patung patu yang masih terus berkarya. Tidak hanya Magelang, Bali dan Jepara juga menjadi pusat hasil kerajinan tangan batu baik melalui pahatan maupun ukir. Banyak turis yang mengincar hasil kerajinan ini untuk dijadikan suvenir. Belum lagi Batu Mulia asli Indonesia, banyak menjadi incaran selebriti dunia untuk menggunakannya.

8. Logam

Seperti juga Perak, hasil kerajinan tangan Logam ini juga banyak dikenal dan sudah mendunia. Bisa dijumpai sebagai pelengkap dari kerajinan lain, misalnya dudukan cincin, atau bahkan engsel pintu rumah.

9. Anyaman

Hasil kerajinan tangan anyaman baik anyaman bambu maupun rotan berhasil menembus pasar ekspor dan menjadi komoditi industri kerajinan yang makin digemari oleh masyarakat dunia. Daerah yang terkenal dengan anyaman rotan adalah Cirebon.

10. Gerabah

Kerajinan gerabah Indonesia sudah dikenal di dunia. Gerabah Indonesia mempunyai kualitas yang unggul dan halus dan mempunayai keunikan tersendiri, salah satu penghasil gerabah yaitu di Kota Yogyakarta.

11. Keramik

Hasil kerajinan tangan keramik buatan Indonesia berhasil menarik minat pasar dunia bahkan bisa menyamai negeri asli penghasil keramik yaitu Tiongkok. Keramik Indonesia yang banyak di ekspor seperti Vas Bunga, Guci, Patung dan lainnya.

12. Kerajinan Kerang

Meskipun Kabupaten Magelang tidak mempunyai pantai namun, di Kabupaten ini juga berkembang kerajinan yang berasal dari kerang. Biasanya bahan baku kerang didatangkan dari Purworejo dan Cilacap. Yang unik adalah para pengrajin kerajinan kerang ini tinggal di pegunungan yang jauh dari laut/pesisir. Pengrajin tersebut berada di Desa Sawangargo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Bentuk-bentuk yang disajikanpun cukup beragam yaitu berbentuk bebek, burung, dinosaurus, gantungan kunci, tenpat foto, asbak, hingga bentuk beruang. Perkembangan kerajinan ini bisa dikatakan stagnan karena hanya dikelola oleh satu keluarga saja. Namun eksistensinya cukup baik. Pemasaran kerajinan kerang ini terutama di daerah-daerah obyek wisata seperti Candi Bodobudur dan lain-lain.

13. Miniatur Candi

Miniatur candi sebenarnya adalah bagian dari kerajinan dari batu (seni pahat). Namun dalam proses finishingnya tidak hanya berupa pahatan batu berupa candi saja tetapi lebih dipercantik dengan diberikan gip agar lebih menarik dan aman jika terjadi benturan atau jatuh. Biasanya para pengrajin miniatur candi ini tidak hanya memproduksi candi tetapi juga patung-patung budha tentunya dalam ukuran yang kecil juga. Harganya juga variatif dari Rp. 50.000,- hingga harga Rp. 2.000.000,- bahkan banyak pula pesanan yang hingga mencapai harga Rp. 20.000.000,- Para pengrajin miniatur candi ini berada di Kecamatan Borobudur tepatnya di desa-desa sekitar candi borobudur. Pemasarannya juga untuk mendukung industri pariwisata Candi Borobudur.

14. Kerajinan Kaligrafi

Kerajinan Kaligrafi di Magelang sangat terkenal. Bahkan seni kaligrafi yang ada di sini sering mengikuti pameran karya seni di berbagai daerah. Kerajinan kaligrafi menjadi unggulan karena tidak banyak yang dapat membuatnya. Dibutuhkan kemampuan seni yang cukup tinggi, skill yang baik dan kerja keras.

Target pasar kerajinan ini terutama untuk warga kelas menengah ke atas karena bahan yang digunakan sering dari logam sehingga relatif mahal. Pemasarannya sudah mencapai Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Batam, dan beberapa daerah lain di Indonesia.

Di Magelang sendiri peminat karya seni kaligrafi ini cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena Magelang banyak terdapat pondok pesantren yang relatif identik dengan karya seni kaligrafi. Kerajinan kaligrafi ini juga telah menembus pasar ekspor seperti Malaysia, Brunei, dan negara lain.

15. Kerajinan Mainan Anak-anak

Di Magelang juga terdapat beberapa industri rumah tangga yang membuat mainan anak-anak. Produk ini sangat disukai oleh anak-anak. Untuk sementara produksinya hanya memenuhi kebutuhan lokal dan beberapa daerah sekitarnya. Hasil dari produk boneka ini tidak kalah dengan produk-produk boneka dari pabrik.

16. Kerajinan Akar

Dulu, tunggak kayu jati , oleh masyarakat hanya dijadikan kayu bakar atau arang. Sekarang, akar kayu yang usianya ratusan tahun itu, justru menjadi bahan kerajinan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Memang, mengubah limbah menjadi bahan berharga, tidak semua orang mampu. . Usaha yang membuahkan hasil, sebab kerajinan limbah kayu itu, telah diminati pasar ekspor, yakni Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Belanda, Australia, Saudi Arabia, Kuwait, Malaysia, dan Korea.
Puluhan tenaga kerja yang setiap hari membuat handicraft/kerajinan dari
limbah kayu tersebut, seperti meja makan, sekat ruangan berbentuk burung, etalase taman, patung , meja kursi, dan segala macam binatang.





1 komentar: