Kamis, 06 Oktober 2016

Wisata Alam Magelang

Ketep Pass



Wisata alam yang memiliki nama gardu pandang tersebut terletak di ketep sawangan, kabupaten magelang. Objek wisata gardu pandang memiliki panorama yang indah juga mencemaskan karena letaknya yang berdekatan dengan gunung merapi. Namun panorama alam yang memberikan nuansa kesejukan membuat para pengunjung berdatangan untuk menikmati suasana alam di wisata gardu pandang ketep pas. Dan adapun fasilitas yang ada di obyek wisata gardu pandang ketep pass ini sudah cukup komplit, seperti teropong dan lain-lain.

Ketep Pass berada Lokasi di puncak Bukit Sawangan [pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu]. Aset jalan ke wisata gardu pandang dari kota magelang sekitar 30km. Jadi jika anda berkunjung ke tempat wisata lain seperti borobudur, taman kyai langgeng atau yang lainnya, ada baiknya anda juga mencoba ke destinasi wisata magelang jawa tengah yang satu ini. Dijamin anda tidak akan kecewa karna panoramanya yang sangat luar biasa dan alami senantiasa memberi inspirasi tersendiri.

Sedangkan untuk tiket masuk ke dalam obyek wisata gardu pandang ketep pass ini sangatlah terjangkau buat isi dompet anda dan keluarga.


Air Terjun Kedung Kayangan



Obyek wisata Air Terjun Kedung Kayang terletak di alur Sungai Pabelan yang berasal dari 2 (Dua) gunung yakni Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Atau lebih tepatnya di sekitar perbatasan kabupaten Magelang dan Boyolali,yaitu diantara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kabupaten Boyolali.

Air terjun yang mengalir di obyek wisata tersebut berasal dari gunung merbabu. Dengan ketinggian 39 M dan kadar airnya yang jernih bisa membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung, pecahan dari air terjun karena jarak yang lumayan tinggi rasanya begitu sejuk menyentuh tubuh.


Air Terjun Sekar Langit



Air Terjun Sekar Langit yang terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelangini memiliki ketinggian -+ 30 meter dari permukaan bawah.

Dan di obyek wisata sekar langit ini juga terdapat peraturan tersendiri bagi para pengunjung. Apabila langit mendung dan menjelang turun hujan, pengunjung dilarang keras untuk berada di sekitar lokasi, hal ini di tegaskan untuk keamanan para wisatawan karena dimusim penghujan, lokasi tersebut sering terjadi air bah yang muncul dari hulu.

Akses jalan menuju lokasi sungguh adventure, jalan aspal yang berliku dan curam jurang yang anda harus anda lewati. Jika anda dari arah kopeng, untuk mencapai lokasi sekar langit berjarak 5 KM bisa anda tempuh dengan mobil pribadi ataupun sepeda motor. Dan jika anda datang dari arah kota magelang, bisa melalui jalan grabag kira-kira 15 menit.

Jarak tempuh jika anda sudah sampai pintu gerbang hanya sekitar 500 meter untuk sampai lokasi, anda akan berjalan menapaki jalan setapak yang naik serta jembatan yang diitari pohon pinus.


Curug Silawe


Curug lawe merupakan sebuah obyek wisata air terjun yang terletak di dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Obyek wisata curug silawe tempatnya cukup jauh kalau ditempuh dari Kota Magelang. Akses jalan menuju curug silawe pun lumayan sulit, karena memang keberadaan obyek wisata tersebut begitu tersembunyi dan berada di lereng gunung. Adapun ketinggian lokasi obyek wisata tersebut sekitar 500 m dari permukaan laut.

Meskipun tempat ini tersembunyi, namun wisatawan yang datang tidak sedikit. Ini dikarenakan keasriannya yang masih terjaga dengan baik.



Kali Progo



Buat anda yang mempunyai tantangan wisata arung jeram di Magelang, inilah tempat yang tepat. Karena Kali Progo memiliki tiga bentuk tantangan arus air. Yang pertama yaitu kali progo atas letaknya di belakang hotel puri asri magelang., tempat ini disediakan untuk pemula dan dijamin keamanannya. Dengan jarak tempuh sekitar 9 KM.

Yang kedua yaitu progo hulu, startnya dari kandangan temanggung dan finish di jembatan payaman. Arung jeram pun dapat dilakukan saat musim hujan turun, peserta yang tidak bisa berenang diperbolehkan mengikuti dengan persyaratan umur diatas 15 tahun. Tantangan yang akan dihadapi nantinya adalah anda akan melewati dua dam dengan ketinggian 3 dan 5 meter. Ini sudah menjadi ciri khas dari kali progo hulu, pemandangan dataran tinggi dan bebatuan yang ada di sungai menjadi tantangan bagi peserta arung jeram.

Yang ke tiga yaitu progo bawah, ini merupakan medan dan tantang paling sulit untuk bagi pecinta arung jeram dan tidak diperbolehkan untuk pemula. Startnya dari Jembatan Klangon Kabupaten Magelang dan finish di jembatan Dekso. Adapun debit air lumayan besar karena memang air yang mengalir melewati kali progo bawah merupakan luapan dari kali-kali terbesar yang ada di sekitar progo.


Kali Elo



Obyek wisata kali elo magelang ini dapat anda kunjungi sepanjang musim dengan trip yang sangat cocok bagi para pemula. Dengan pemandangan yang indah dan jeram yang mampu menggoyangkan perahu anda ini menjadi daya tarik tersendiri. Adapun jarak tempuh sekitar 10 – 11 KM dengan durasi waktu tidak lebih dari 3 jam.

Obyek wisata air yang bernama kali elo ini sudah berjalan dari tahun 1997 dan sampai saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Dan bagi anda yang akan melakukan arung jeram di kali elo ini, nantinya anda akan dipandu dan didampingi oleh operator profesional, jaditidak perlu lagi khawatir untuk mencobanya.


Puthuk Setumbu



Punthuk Setumbu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Punthuk Setumbu merupakan bukit atau Tempat terfavorit untuk menikmati sunrise borobudur.

Kala waktu subuh tiba dari punthuk setumbu anda bisa melihat pemandangan yang luar biasa yaitu lautan kabut putih dan kerlip lampu yang dilatar belakangi oleh pegunungan yaitu gunung merapi dan gunung merbabu. Borobudur pun menjadi lelap oleh selimut kabut tebal dimalam dan pagi hari, inilah momentum yang selalu menjadi kenangan tersendiri bagi para pengunjung di bukit punthuk setumbu.

Meskipun wisata punthuk setumbu adalah sebuah bukit yang tidak tinggi, namun untuk mencapai puncak bukit tersebut anda harus berjalan kaki. Tiket masuk ke wisata punthuk setumbu adalah Rp. 15.000 dan Rp. 25.000 untuk wisatawan asing.



Gunung Andong


Wisata pegunungan di indonesia memiliki memang memiliki beragam destinasi, salah satunya Gunung Andong yang memiliki puncak ketinggian 1.726 mdpl ini. Jika anda sampai di puncak anda akan melihat pemandangan kota yang sudah anda kenal dan anda lewati sebelum anda sampai di wisata gunung andong seperti kota magelang, ambarawa dan salatiga. Namun yang lebih menarik lagi yaitu ketika anda bisa memandang gunung merapi, sindoro dan gunung sumbing.

Lokasi gunung andong merupakan tempat latihan bagi para pendaki pemula karena durasi waktu yang anda butuhkan untuk sampai puncak hanya sekitar dua jam.

Untuk menuju lokasi basecamp pendakian anda bisa menyewa kendaraan atau anda minta diantar oleh tukang ojek. Lokasinya berada di Dusun Sawit, Kecamatan Ngablak. Setiba di basecamp, anda tinggal melakukan registrasi dengan membayar Rp. 3.000 untuk satu orang. Namun jika anda menggunakan motor, maka dikenakan biaya parkir Rp. 3.000 per motor + penitipan helm Rp. 1000.

Gunung yang bertipe perisai. Secara administratif terletak di dua kecamatan yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag.


Bukit Tidar



Bukit Tidar terletak di magelang utara tepatnya di dalam kompleks akademi militer. Bukit tidar disebut dengan pakunya tanah jawa. Dan di bukit ini juga terdapat petilasan makam leluhur warga magelang dan makam seorang syech subakir dari persia dan Kyai Spanjang salah satu penyebar agama islam di tanah jawa dulunya.

Bukit tidar meski tidak terlalu tinggi namun memiliki sejumlah pohon yang rimbun, sehingga sering disebut sebagai paru parunya kota magelang, karena bisa memberi kesejukan dan kesegaran udara di seputaran kota magelang.



Telaga Bleder



Telaga bleder merupakan tempat wisata Magelang yang terletak di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Selain udara yang sejuk dan jauh dari polusi udaha, di Telaga Bleder anda bisa juga mencoba fasilitas lain seperti speed boat, becak air sampan dan sepeda air.

Telaga bleder ini merupakan danau alami yang berukuran kecil. Danau tersebut terbentuk dari tanah yang terisi air dari sumber mata air yang ada di sekitar lokasi. Sehingga menarik perhatian pemerintah setempat untuk mengembangkan lokasi ini sebagai tempat wisata. Dan sekarang wisata telaga bleder ini dikonsep lebih ke wisata keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar